October 13, 2022

Tukar Tambah AC Baru atau Beli AC Bekas? Pertimbangkan Dulu Faktor Berikut

Acjkarta – Ketika AC di rumah rusak, seringkali seseorang berpikir untuk tukar tambah AC baru atau beli AC bekas dengan harga yang lebih terjangkau. Kini, AC memang sudah menjadi barang elektronik yang wajib dimiliki, terutama di kota-kota besar.

Jika Anda masih belum yakin, beberapa faktor berikut dapat dijadikan pertimbangkan sebelum memutuskan tukar tambah AC baru atau beli AC bekas. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Baca review tentang model AC yang Anda suka

Perusahaan AC sering mengeluarkan model baru dan beberapa model lama mungkin tidak diproduksi lagi. Bila Anda ingin beli AC bekas, baca ulasan tentang model tertentu tersebut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Jika itu adalah model yang keluar dari produksi, cari tahu apa kekurangannya dibandingkan dengan model terbaru. Selain itu, tanyakan juga mengenai suku cadang dan apakah masih ada dalam masa garansi.

 

Beli AC bekas yang masih dalam masa garansi

Jika Anda beli AC bekas yang masih dalam masa garansi, kondisi ini jauh lebih baik karena AC bekas yang Anda beli masih relatif baru sehingga diharapkan kondisinya lebih baik. Selanjutnya, pastikan Anda melihat review dan spesifikasi dari model AC yang Anda beli ini agar tahu cara merawatnya.

 

Periksa unit AC secara langsung

Sebelum memutuskan beli AC bekas, selalu periksa unit secara langsung sebelum melakukan transaksi. Terkadang, seller mengklaim bahwa unit tersebut relatif tidak digunakan. Namun, dengan pemeriksaan yang baik, Anda dapat memahami kondisi yang sebenarnya dari unit AC yang akan dibeli. Jika memungkinkan, mintalah teknisi listrik yang Anda kenal untuk memeriksanya.

 

Hindari AC lama

Bahkan jika Anda tidak dapat menemukan harga yang pas di kantong, hindari beli AC yang sudah berumur lebih dari beberapa tahun. Ini tidak hanya karena AC tersebut akan segera habis masa garansinya, tetapi juga akan sulit mendapat suku cadang untuk produk tersebut.

Selain itu, efisiensi energinya bisa jadi rendah dan ini bisa memicu pengeluaran bulanan lebih besar. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mendapatkan AC yang relatif baru dan dalam kondisi yang baik.

 

Periksa bagian filter

Filter adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah AC. Jadi bagian ini harus Anda periksa dengan teliti jika ingin beli AC bekas. Filter yang dapat digunakan harus dirawat dan tetap dalam kondisi baik, tidak menunjukan tanda-tanda sobek atau aus, dan bebas dari akumulasi debu.

Tingkat pendingin

Selain bagian filter, Anda juga perlu memeriksa tingkat refrigeran AC. Tingkat rendah dapat menyebabkan panas berlebih hingga merusak kompresor unit. Selain itu, AC dengan tingkat refrigeran rendah dapat menghabiskan lebih banyak energi untuk mendinginkan ruangan sehingga tagihan listrik meningkat.

Bandingkan harga dengan model terbaru

Bandingkan harga AC bekas yang menarik hati Anda dengan unit AC terbaru yang ada di pasaran. Jangan membeli produk bekas jika selisih dengan unit baru tidak terlalu mencolok. Dengan melakukan sedikit riset dan agen produk AC bekas yang kredibel, Anda bisa mendapatkan penawaran yang bagus.

Bila Anda masih ragu akan beli AC bekas atau tukar tambah AC baru, periksa selisih harganya saja. AC baru menawarkan kondisi AC lebih baik dan masa garansi lebih lama. Hal ini tentu lebih menguntungkan dibandingkan membeli AC bekas.

Nah, jika Anda ingin melakukan service AC, percayakan saja kepada ACJakarta.com. ACJakarta sudah dapat melayani service AC Jakarta, baik service AC Jakarta Selatan, service AC Jakarta Barat, service AC Jakarta Timur, service AC Jakarta Utara, dan service AC Jakarta Pusat. Hal ini karena ACJakarta sudah melayani area Jabodetabek.